Apa Saja Pantangan Sakit Prostat Yang perlu Dihindari ?

advertisement

Pantangan sakit prostat – Prostat merupakan bagian dari sistem reproduksi laki-laki yang ukurannya seperti kenari. Letaknya berada di bawah kandung kemih dan depan rektum yang mengelilingi tabung uretra. Uretra sendiri merupakan sebuah saluran yang membawa kandung kemih.

Masalah Prostat

pembesaran prostat jinak
Prostat dapat membantu membawa beberapa cairan dalam air mani dan sperma dari testis saat seorang pria mengalami ejakulasi. Saat usia seorang pria semakin bertambah, maka ukuran prostatpun dapat menjadi lebih besar. Dan hal tersebut merupakan proses normal pada penuaan pria. Pada umumnya, saat seorang pria mncapai usia 40, prostat menjadi seukuran aprikot. Kemudian saat mencapai usia 60, mungkin menjadi seukuran lemon.

Karena posisi prostat yang mengelilingi uretra, ukuran prostat yang membesar dan menekan tabung uretra, dapat menyebabkan masalah saat pria akan bung air kecil. Kondisi tersebut termasuk dalam masalah benign prostatic hyperplasia atau yang biasa dikenal dengan penyakit BPH.

Gejala

Gejala awal dari penyakit prostat yaitu sering muncul keinginan untuk buang air kecil, keluarnya kandung kemih yang tidak tuntas dan mengedan saat buang air kecil. Dorongan tak terkendali secara tiba-tiba untuk buang air kecil dan peningkatan frekuensi kencing juga merupakan gejala yang umum apabila seorang pria memiliki masalah pada prostatnya.

Pencegahan

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan penanganan dini untuk mencegah kondisi yang lebih buruk pada prostat. Dan ada baiknya jika melakukan diet sehat dengan menjauhi pantangan sakit prostat berikut ini.

  • Makanan olahan

Benign prostatic hyperplasia sangat mungkin disebabkan oleh perubahan hormon usia pria. Perubahan pola makan yang direkomendasikan dimaksudkan untuk membantu mengatasi masalah hormon. Rekomendasinya termasuk menghindari semua produk makanan yang dibuat dengan gula halus dan tepung halus, seperti roti putih dan produk makanan penutup lainnya. Pria dengan pembesaran prostat juga harus menghindari makanan dengan minyak yang terhidrogenasi seperti gorengan, makanan olahan dan junk food.

  • Makanan Sensitivitas

Pantangan Sakit Prostat

Teknik ini adalah dengan menghilangkan semua sensitivitas makanan yang paling umum yaitu makanan penyebab alergi untuk pemantauan meringankan gejala. Setelah tingkat tertentu terjadi peningkatan, pria dapat mulai menambahkan makanan lainnya satu per satu. Alergi makanan yang paling umum pada pria dewasa adalah jagung, telur, kacang tanah, kacang pohon dan kerang. Selain itu, banyak orang yang sensitif terhadap gluten gandum. Makanan ini termasuk sereal dan roti, tapi tidak pasta. Makan telur dan unggas juga muncul untuk meningkatkan gejala. Sangat baik juga untuk menghindari produk susu, keju atau asupan yogurt.

  • Pertimbangan Minuman

Pria dengan pembesaran prostat akan sangat baik jika menghindari minum dalam jumlah besar cairan pada satu waktu dan juga untuk menghindari minum minuman apapun untuk satu atau dua jam sebelum tidur. Selain itu, menghindari kafein dan alkohol dapat mengurangi gejala, karena zat ini meningkatkan produksi urin dan mengiritasi kandung kemih.

Penerapan pola hidup sehat dan menjauhi pantangan sakit prostat dapat membantu penyembuhan prostat secara alami. Selain itu, berbagai serangan penyakit dapat dilawan karena sistem kekebalan tubuh meningkat karena asupan nutirsi yang seimbang. Namun, bila Anda membutuhkan obat alami untuk mengatasi masalah prostat tanpa efek samping cari tahu OBAT BPH yang berasal dari bahan alami pilihan.

advertisement
Apa Saja Pantangan Sakit Prostat Yang perlu Dihindari ? | obatbph | 4.5